Rabu, 12 Februari 2014

Dejafu yang menjadi kenyataan …

Déjà vu  yang artinya secara harafiah adalah "pernah melihat" atau "pernah merasa". Maksudnya adalah mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya ialah "sejajar" dan mnimi (μνήμη) "ingatan- http://id.wikipedia.org -


Pengalaman merasakan dejafu saat aku pertama kali pergi ke Cirebon bersama dengan teman-temanku. Satu saat, kami berkesempatan menikmati kota Cirebon dengan menggunakan becak. Ketika becak yang aku tumpangi melewati sebuah daerah dimana rasanya aku pernah kesana. Jalan-jalan yang dilewati rasanya tidak asing, tanaman dipinggir jalan, trotoarnya dan jalan yang berkonblok, semuanya tidak asing bagiku. Kemudian aku bertanya kepada bapak penarik beca, apakah disebelah sana itu sebuah pelabuhan, sambil menunjuk kearah sebuah bangunan kuno dan bertembok tebal, “iya” jawab si bapak sambil menjelaskan kalau dahulu memang itu sebuah pelabuhan yang sangat ramai sekali di jaman Belanda namun sekarang sudah tidak dipergunakan lagi, hanya untuk perahu-perahu kecil nelayan disana saja.

Perasaanku sangat aneh, aku baru pertama kali menginjakan kaki di kota Cirebon tetapi rasanya pernah berada disana. Lamat-lamat aku ingat, sepertinya aku pernah bermimpi mengunjungi kota ini dalam posisi yang sama persis berkeliling menggunakan becak bersama teman-teman, melewati pelabuhan lama kota Cirebon, melewati  pedestarian yang asri dengan pohon-pohon yang tertata, ciri khas sebuah kota lama peninggalan jaman Belanda.

Aneh memang, tetapi kenyataan. Setelah kucari dan pelajari peristiwa tersebut, baru aku tahu itu adalah pengalaman de’jafu bagi diriku. Bagaimana dengan kalian, pernahkah mengalami hal yang sama seperti pengalamanku…??.

 Jakarta, 30 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang... silahkan melihat-lihat blog yang sederhana ini..
salam