Rabu, 12 Februari 2014

Tips berlari

Lari adalah olahraga yang sederhana dan tidak membutuhkan peralatan khusus (kecuali sepatu) layaknya olahraga lain. Hampir semua orang bisa melakukannya. Namun sebaiknya kamu mengetahui cara berlari yang benar. Nah berikut adalah beberapa tips agar berlari terasa nyaman dan menyenangkan: 

1. Hindari lari dengan tumit terlebih dahuluBerbeda dengan berjalan, yang membutuhkan tumit sebagai pendaratan. Lari tidak seperti itu. Cobalah untuk tetap menggunakan ujung kaki kamu saat mendarat, agar lari kamu tetap nyaman dan terhindar dari rasa nyeri yang tidak diinginkan. 

2. Belilah sepatu yang baikSesuaikan sepatu yang kamu gunakan dengan bentuk kaki kamu. Pilihlah sepatu dengan kualitas yang sudah terjamin dan terpercaya. Selain tidak membahayakan kaki, biasanya juga lebih tahan lama. 

3. Ambil langkah yang lebih pendekPara ahli mengatakan bahwa langka kaki yang efektif akan menghindari kerusakan pada sendi dan otot. Langkah yang lebih pendek adalah langkah yang lebih efisien, dan akan mengurangi gerakan pada sendi pergelangan kaki, lutut dan pinggul.

4. Pelan-pelanDengan berlari lebih perlahan denyut jantung kamu dapat terkontrol dengan baik, membuat lari lebih nyaman dan kamu bisa berlari dengan jarak yang lebih jauh. Dibandingkan dengan kamu berlari secara cepat.

5. Tetapkan waktu Orang yang berlari dengan tujuan waktu tertentu, lebih baik daripada mereka yang lari hingga lelah atau mereka yang sebentar-sebentar berhenti, walaupun napas masih kuat. Para ahli mendorong untuk mencoba jarak yang lebih jauh setiap kali berlari, namun dengan waktu yang sama (misal 30 menit) agar mendapatkan teknik yang lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang... silahkan melihat-lihat blog yang sederhana ini..
salam